BINCANG FENOMENA LANGKA GERHANA MATAHARI 2016





Assalamu'alaikum wr wb.


Berbincang Fenomena Langka Gerhana Matahari , begitu menyedot perhatian kita saat ini dan akan terjadi di tanggal 9 Maret 2016

Mari kita  merujuk surah tersebut ;


اﻟْﻌَﻠِﻴﻢِ ِ اﻟْﻌَﺰِﻳﺰ ُ ﺗَﻘْﺪِﻳﺮ َ ذَٰﻟِﻚ ۚ ﻟﱠﻬَﺎ ٍّ


"dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan (Allah) Yang Mahaperkasa, Maha Mengetahui." (Q.S.36:38)





اﻟْﻘَﺪِﻳﻢِ ِ ﻛَﺎﻟْﻌُﺮْﺟُﻮن َ ﻋَﺎد ٰ
"Dan telah Kami tetapkan tempat peredaran bagi bulan, sehingga (setelah ia sampai ke tempat peredaran yang terakhir) kembalilah ia seperti bentuk tandan yang tua." (Q.S.36:39)


وَﻛُﻞﱞ ۚ ِ اﻟﻨﱠﻬَﺎر ُ ﺳَﺎﺑِﻖ ُ اﻟﻠﱠﻴْﻞ
اﻟﺸﱠﻤْﺲ ﻻَ ﻳَﺴْﺒَﺤُﻮنَ ٍ ﻓَﻠَﻚ ﻓِﻲ
"Tidaklah mungkin bagi matahari mengejar bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Masing-masing beredar pada garis edarnya."
(Q.S.36:40)


Secara logika ayat ini mengungkapkan bahwasanya Matahari dan Bulan yang masing-masing memiliki orbit (Falak) tidak akan membuat keduanya bertabrakan.

Orbit yang berarti lintasan inilah yang membuat keduanya (pada waktu tertentu) bisa berpapasan dalam satu garis lurus dimana Bumi berada diantara keduanya, sehingga terjadilah gerhana Bulan.


Orbit keduanya tunduk pada hukum yang ditetapkan Allah, yang oleh Isaac Newton disebut hukum gravitasi. Ilmuwan ini mengungkapkan penemuannya pada abad 18. Hukum ini sendiri menyatakan bahwa terdapat gaya tarik menarik antara dua benda yang memiliki massa. Besarnya gaya tarik menarik ini berbanding lurus dengan masa keduanya, dan berbanding terbalik dengan jarak antara keduanya. Hukum garvitasi inilah menurut para ilmuwan yang dimaksud penundukkan yang ditetapkan Allah SWT.


 

 Apa itu Gerhana Matahari Total ?
1. Gerhana matahari terjadi jika bulan berada di antara matahari dan bumi dalam satu garis lurus.

2. Gerhana matahari terjadi ketika bulan berada pada fase bulan baru saat bulan memang sedang berada di antara matahari dan bumi sehingga bayang- bayang  bulan jatuh ke permukaan bumi.



Baca Juga

WAKTU SHOLAT GERHANA MATAHARI 

     TATA CARA SHOLAT GERHANA MENURUT AL QUR'AN

 BINCANG TENTANG GERHANA MATAHARI 2016

                                             DALAM HIDUP TAK ADA YANG KEBETULAN
 




3. Tidak semua area mengalami gerhana. Hanya area di bumi yang dilewati bayang-bayang bulan yang akan mengalami gerhana.


4. Di siang hari, pada saat terjadinya gerhana matahari, bulan sedikit demi sedikit menutupi matahari dan pandangan kita. Lama kelamaan, matahari tertutup seluruhnya dan kita menyebutnya dengan gerhana total.


5. Bayang-bayang bulan ada dua bagian, yaitu umbra dan penumbra.


6. Penumbra adalah bayangan kabur yang terjadi pada saat gerhana atau terjadinya bayangan pada benda gelap (tidak tembus pandang) bulan




7. Umbra adalah bayangan inti yang berada di bagian tengah sangat gelap pada saat terjadi gerhana bulan.


lanjut halaman..... 2)
nara sumber ....


























Titra NOKA

Instagram