Alasan tak boleh dilakukan saat Gerhana Matahari





Alasan hal tersebut tak boleh dilakukan karena proses gerhana matahari secara langsung sangat membahayakan mata.
Matahari yang dihalangi bulan akan memancarkan cahaya yang tajam ke arah mata.:
“Sama halnya seperti sinar  laser kalau diarahkan ke mata, tidak nyeri, tapi bisa mengakibatkan kerusakan makula."

"Bahkan karena cahaya matahari terlalu kuat bisa membakar makula yang merupakan pusat penglihatan yang terletak pada retina mata,” terang dokter spesialis mata, dr Armanto Sidohutomo SpM ketika wawancara  SURYA.co.id,




Saat mata melihat fenomena berlangsungnya gerhana, mata akan bereaksi seperti melihat dalam kondisi gelap atau redup.

Kelopak mata membuka dan pupil melebar.
Saat Bulan bergeser dan Matahari mendadak bersinar lagi, mata kita dalam kondisi pertahanan yang kurang.

Kalau tidak hati-hati, dapat menyebabkan Solar Retinopathy. "Karena cahaya matahari yang tidak tertutup bulan secara penuh menimbulkan risiko kebutaan yang tinggi,” ujar Direktur klinik mata Tritya ini.

BACA JUGA :


TATA CARA SHOLAT GERHANA MENURUT AL QUR'AN

 

Gejala yang dirasakan saat mokula ini mulai terbakar bisa dilihat dengan penglihatan yang menjadi buram, tidak bisa melihat warna dengan jelas dan Metamorhopsia, yaitu melihat garis lurus menjadi bengkok, melihat benda menjadi lebih besar/kecil.

"Kalau memang sudah seperti itu bisa langsung ke dokter, tidak semua gejalanya menimbulkan sakit kepala," ujarnya.

Pada umumnya keluhan terjadi pada kedua mata. Pada sebagian besar kasus, tajam penglihatan dapat kembali normal dalam beberapa bulan, tetapi beberapa pasien mengalami kerusakan permanen tajam penglihatan dan skotoma yang menetap.


Oleh karena itu, menyaksikan gerhana matahari ada tipsnya. Gunakan alat yang dilengkapi filter ultraviolet menjelang dan sesaat sesudah gerhana matahari total.

Pada gerhana total saat bulan total menutupi matahari dan keadaan gelap gulita memang tidak menimbulkan dampak yang berarti.

Sedangkan pada kondisi hanya sebagian besar (80 persen), terutama pada saat sinar matahari mulai muncul dan bulan bergeser, sinar matahari tersebut sangat kuat dan bisa mengganggu fungsi retina mata .

"Nama medisnya Solar Retinopathy, gejalanya bisa segera atau dalam beberapa jam setelah paparan yaitu penglihatan kabur dan ada bagian yang gelap,” terangnya.

Iapun menegaskan, pencegahan merupakan hal yang sangat penting. Agar tidak melihat gerhana matahari langsung terutama pada gerhana yang tidak total.

"Bisa memakai kacamata khusus yg disarankan dengan solar filter welder no 14 atau kalau di Indonesia yg lebih mudah dengan filter ND nomor 5," terangnya.


nara sumber  : All Media



Bacalah yang menarik


jadwal-sholat

Instagram