SEDEKAH SOLUSI PENGHAPUS DOSA KITA




Yuuuuk bersedekah.... tak punya uang?  

Apakah sedekah harus dengan uang?

Ambillah perumpamaan di bawah ini.

- Belilah beberapa buah sandal jepit plastik atau bakiak kayu, letakkan di sekitar masjid. Agar para jamaah dapat menggunakannya saat akan berwudhu. Dan Anda akan menikmati pahala dari setiap orang yang memakainya.


- Letakkanlah di jendela kamarmu segelas air atau makanan untuk burung-burung kecil yang datang hinggap ke sana.

- Belilah sekantong plastik kaos tangan dan kaos kaki, agar bisa diberikan kepada para pekerja.

- Letakkanlah di kamarmu sebuah kotak, di mana setiap kali kamu merasa melakukan dosa, masukan uang receh 5-10 ribu ke dalamnya, jika sudah genap 1 bulan, buka kotak itu dan bersedekahlah dengan uang tersebut. Lakukanlah ini tiap bulannyâ.

- Jika engkau hadir dalam acara kumpul-kumpul bersama keluarga dan kerabat, belilah 1 dus air putih, niatkan untuk sedekah kepada orang-orang yang butuh minum, yang sedang sakit dan lainnya.

- Jika kamu mengisi bensin, kemudian datang petugasnya ingin mengembalikan uang receh sisa bensin, biarkan sisa uang itu untuknya sebagai bentuk sedekah.

- Jika seorang muslim itu, belilah mushaf (Al Qur'an) letakkan di salah satu masjid dan bayangkan berapa pahala yang akan kamu dapat dari setiap huruf dari mereka yang membacanya.

- Berikanlah perasaan gembira kepada setiap orang khususnya kepada mereka yang sedang tertimpa kesedihan.

- Infakkan 1 buah mukenamu di masjid dari berapa koleksi di rumahmu agar bisa dipakai sholat oleh para musafir yang mampir.

- Sisihkanlah dari hasil upah jerih payahmu setiap bulan, sedikit saja untuk disumbangkan kepada anak yatim, dhuafa, orang yang membutuhkan di lingkunganmu tanpa berharap imbalan.

- Tersenyumlah kepada orang yang kita temui, berilah salam kepada orang yang duduk dan bertuturlah dengan ucapan yang baik karena semuanya adalah sedekah.

- Jangan biarkan kita tertidur, melainkan telah kau ampuni setiap orang yang berbuat buruk kepadamu (menggibah, mengadu domba dan dzalim mu). Sekecil apa pun, bagaimanapun bentuk sedekah, jika diamalkan amat bermanfaat untuk kita.
Âkan melatih ke rasa empati kepada sesama.

Lihat Al BAQARAH 2; 177),
Orang-orang yang beriman  maka ia bersedekah dan atau berinfaq di jalan yangm diridhoi Allah 'azza wa jalla.

Selamat bersedekah

Kajian lain ;   KLIK DISINI



MATA DEWI

Instagram

close
Banner iklan disini